Minggu, 21 Agustus 2016

JATILUHUR

Merupakan objek wisata bendungan yang ada di Provinsi Jawa Barat. Objek wisata bendungan ini terletak di Kecamatan Jatiluhur dan secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Purwakarta. Dari Kota Purwakarta, wisatawan yang ingin berkunjung ke waduk ini harus menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 9 kilometer.
 
Waduk Jatiluhur dibangun pada tahun 1957 dan baru bisa diselesaikan dengan waktu 10 tahun oleh kontraktor yang berasal dari Negara Perancis. Waduk ini merupakan waduk serbaguna yang pertama kali dibangun di Negara Indonesia. Selain berfungsi sebagai bendungan dan juga sarana untuk PLTA, waduk ini juga banyak diminati oleh pengunjung sebagai objek wisata dari berbagai daerah. Waduk ini juga menjadi sumber irigasi untuk sawah-sawah para penduduk lokal.
 
  Pengunjung yang memiliki hobi memancing biasanya menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas memancing mereka di Waduk Jatiluhur ini. Di waduk ini memang banyak sekali terdapat beragam jenis ikan yang bisa ditangkap dan salah satunya adalah ikan keramba jarring apung yang juga dibudidayakan di kawasan ini. Anda dapat memancing di siang hari ataupun di malam hari. Biasanya saat malam hari suasana di waduk ini semakin ramai karena para pengunjung setelah memancing dapat menikmati hasil tangkapannya seperti ikan bakar yang lezat.
Ada banyak fasilitas lain yang bisa dinikmati di Waduk Jatiluhur seperti kolam renang, restoran atau warung makan, tempat penginapan, bungalow, tempat bermain anak, bar, lapangan tenis, area perkemahan, sarana rekreasi, tempat bilyard, sarana olahraga air, dan masih banyak lagi. Olahraga air yang ditawarkan juga ada bermacam-macam seperti ski air, naik kapal atau perahu, selancar angin, mendayung, dan kapal pesiar. Selain itu, yang menarik di objek wisata Waduk Jatiluhur adalah kita dapat melihat Stasiun Satelit Bumi milik Indosat.
Tentunya tidak hanya berbagai fasilitas yang menarik para pengunjung. Namun, suasana di Waduk Jatiluhur Purwakarta sendiri terlihat sangat permai dengan perbukitan, udara sejuk, pepohonan rindang, serta keadaan yang tenang membuat pikiran lebih rileks. (WISATANESIA.CO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar